Kamis, 05 Januari 2012

Buat Foto Jadul dengan ACDsee 9

HOBI motret sudah dimiliki Vara Tassa Sutari dari kecil. Dulu ia hanya menyimpan atau mencetak hasil foto original, sekarang mahasiswi semester tujuh Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala, ini, bisa mengutak-atik hasil jepretannya menjadi seperti yang dia inginkan. Dari kebanyakan hasil editing, Tassa paling suka mengubah foto dari berwarna menjadi hitam putih untuk menampilkan kesan jaman dulu (jadul).


Dengan program ACDsee 9 di Laptop Acer miliknya, anggota Aceh Model Community (AMC) ini biasa memindahkan langsung koleksi foto dari kameranya untuk diedit. “Tassa suka motret apa aja, terutama foto diri sendiri, ntar hasilnya sering diedit sesuai keinginan. Untuk bisa melihat gambar dan sekaligus mengedit, Tassa pakai software ACDSee 9,” kata gadis kelahiran Lhokseumawe 26 Juni 1990 ini.

Dengan program itu, lanjut Tassa ia bisa mengubah ukuran gambar, komposisi warna, memotong gambar, menambahi tulisan pada gambar, dan mengubah jenis atau ekstensi dari file gambar. “Setelah menentukan gambar mana yang mau dipermak, Tassa pilih menu edit photo di edit panel di layar laptop. Baru kemudian pilih komposisi warna, mau lebih coklat atau hitam. Biasa Tassa pilih hitam dan lightnessnya dikurangi sampai minus 19,” rinci Tassa.

Agar hasilnya lebih jadul, Tassa sengaja tidak memakai saturation atau pilihan untuk mencerahkan wajah, lanjut dia. “Untuk saturation, Tassa malah hilangkan atau menempatkan pada posisi komposisi warna minus 79. Jadi sama sekali tidak berwarna, benar-benar black and white atau coklat,” imbuh dia.

 YouTube
Selain gemar memakai program ACDsee 9 untuk melihat dan mengedit foto, Tassa juga memakai laptop Acernya untuk melakukan presentasi tugas kuliahnya. Agar materi presentasinya mudah dimengerti dan lebih menarik, kadang Tasa menambahkan video YouTube dalam presentasinya.

“Supaya gampang dipahami Tassa pakai skema dan gambar-gambar pendukung. Supaya lebih menarik dan tidak membosankan kadang Tassa tambahkan video YouTube ke dalamnya,” sebut Tassa.

Langkah yang ia lakukan untuk memasukkan video YouTube ke dalam powerpointnya yang pertama adalah mengklik Tab Developer lalu memilih menu More Control. Di Windows yang muncul scroll ke bawah sampai ketemu Shockwave Flash Object dan dipilih. Selanjutnya, ia tinggal mendrag kotak dari ukuran video yang ditampilkan di Presentasi, lalu mengklik menu Properties yang ada di Ribbon di dekat More Option.(ami)

biodata
Nama: Vara Tassa Sutari
TTL: Lhokseumawe, 26 Juni 1990
Alamat: Jeulingke
Pendidikan: Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah
Ayah: Taswizal F
Ibu: Sari Yanti
Prestasi:
-Pemenang Lomba Busana Muslim DInas Pariwisata Kota Lhokseumawe (2006)
-Pemenang Lomba Busana Muslim FKIP Tata Busana Unsyiah 2008-2010
-Putroe Ranup 2006
-Bintang Tamu (putri pariwisata) acara Abang None Jakarta 2006.

buat foto jadul
- Pilih gambar yang mau diedit
- Kemudian pilih menu edit photo di edit panel di layar laptop
- Pilih komposisi warna, mau lebih coklat atau hitam. Kalau hitam, lightnessnya dikurangi sampai minus 19.
- Bisa juga dengan tidak memakai saturation atau pilihan untuk mencerahkan wajah.

youtube di powerpoint
- Klik Tab Developer
- Pilih menu More Control
- Di Windows yang muncul, scroll ke bawah sampai ketemu Shockwave Flash Object dan dipilih.
- Selanjutnya, tinggal mendrag kotak dari ukuran video yang ditampilkan di Presentasi
- Kemudian klik menu Properties yang ada di Ribbon di dekat More Option

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More